istilah-dalam-twitter-twitter-lingo-beserta-artinya

alau sebelumnya kita sudah membahas tentang Pengaturan Profile Twitter sebagai dasar dari Twitter Marketing, kali ini kita akan membahas tentang Twitter Lingo. Twitter Lingo adalah sebutan untuk istilah dalam twitter yang memiliki arti-arti tertentu. Hal ini tentu akan sedikit membingungkan bagi para pemula, oleh karena itu kali ini akan saya jelaskan sedikit tentang istilah dalam twitter yang sering digunakan :

  • Hashtags – ditandai dengan tanda pagar (#). Hashtag adalah suatu cara agar tweet Anda tidak hanya dapat dibaca oleh follower Anda, tetapi juga oleh semua orang yang mencari tweet Anda dengan menggunakan hashtag yang sama. Contohnya, apabila seseorang menggunakan hashtag #TwitterMarketing di postingan twitternya, dan follower orang tersebut mengklik hashtag itu, dia akan dapat melihat semua tweet dengan hashtag yang sama, yang di-posting oleh orang lain yang mungkin belum dia follow. #MaafSedikitRibetBahasanya.Ingatlah bahwa hashtag ini tidak wajib Anda gunakan dalam Twitter Marketing. Kalaupun Anda mau gunakan, gunakan maksimal 2 hashtag dalam 1 posting, Anda pastinya akan ebih ingin orang mengklik link yang Anda bagikan dan tidak dipusingkan oleh hashtag Anda sendiri bukan? icon smile Istilah Dalam Twitter   Twitter Lingo   Beserta Artinya
  • Retweet – Istilah twitter yang satu ini pasti sering Anda dengar. Disingkat dengan RT. Retweet pada twitter digunakan apabila seseorang ingin membagikan tweet Anda ke follower mereka. Saat Anda mengarahkan mouse Anda di atas sebuah postingan di Twitter, Anda akan melihat pilihan untuk me-retweet postingan tersebut.
  • Hat Tip – Disingkat dengan HT. Baru pernah dengar istilah pada twitter ini? Mungkin karena bahasa yang satu ini memang jarang digunakan, terutama di Indonesia. Hat Tip Lingo digunakan saat seseorang ingin memberikan penghargaan ke orang lain karena telah menemukan sesuatu. Contohnya, apabila Anda melihat postingan dari teman Anda yang merekomendasikan sebuah artikel di sebuah blog dan Anda ingin membagikannya kepada follower Anda juga tanpa me-retweet teman Anda, Anda dapat tetap menyebutkan namanya dengan menggunakan HT @username untuk menghargainya yg sudah menemukan artikel tersebut.
  • Modified Tweet – disingkat dengan MT. Yang ini malah lebih jarang digunakan dibandingkan dengan HT, tapi tidak kalah pentingnya. MT biasa digunakan sama seperti RT, tetapi kita gunakan apabila kita memodifikasi postingan asli yang kita retweet karena alasan tertentu, biasanya hal ini dilakukan karena batasan posting twitter yang hanya 140 karakter. Ini adalah cara yang baik untuk menyampaikan pesan kepada follower Anda bahwa Anda memodifikasi tweet aslinya.
  • Trend – Trend adalah topik yang sedang banyak dibincangkan di Twitter biasanya dilihat dari kata kunci atau hashtag tertentu. Menemukan cara yang sah dan relevan untuk menjadi trending topic di Twitter dengan menggunakan kata kunci atau #hashtag tertentu dapat membuat Anda mendapatkan exposure yang besar di Twitter.
  • Via – Saat Anda melihat via @username, biasanya berarti link yang dibagikan adalah berasal dari website orang tersebut, atau orang tersebut adalah pemilik artikelnya.
  • CC – ditulis dengan cc atau /cc, kegunaannya sama seperti CC dalam email. Jika Anda ingin postingan Anda dibaca oleh seseorang, tambahkan /cc @username di akhir postingan Anda.
  • Twitter Chat – adalah diskusi yang dilakukan dengan menggunakan sebuah #hashtag, yang dapat berkembang menjadi trend.
  • Mention – dilakukan dengan menyisipkan @username orang lain di dalam sebuah posting tweet. Ini menandakan bahwa tweet yang diposting ditujukan atau berhubungan dengan orang yang di-mention tersebut. Saya yakin Anda sudah paham benar istilah dalam twitter yang satu ini icon smile Istilah Dalam Twitter   Twitter Lingo   Beserta Artinya
  • Direct Message – disingkat DM, istilah dalam twitter ini adalah sebuah pesan pribadi yang dikirimkan oleh 1 orang ke orang lainnya, yang hanya dapat dibaca oleh orang tersebut. Anda dapat mengirimdirect message di twitter hanya kepada orang yang sudah follow Anda. Sebaliknya, Anda hanya dapat menerima DM dari orang yang sudah Anda follow.
  • Twitter List – memungkinkan Anda membuat list atau daftar yang berisikan hingga 500 orang untuk dikonsumsi secara pribadi atau publik. Anda dapat melihat Twitter list untuk melihat update terbaru dari orang-orang di dalam list tersebut.

Sebenarnya untuk apa sih istilah dalam twitter atau Twitter Lingo? Pada Twitter, kita hanya dapat melakukan posting dengan 140 huruf (termasuk spasi). Oleh karena itu, kita harus se-efektif mungkin dalam memilih kata-kata yang akan kita gunakan untuk nge-tweet. Contohnya, dengan menulis RT kita sudah cukup menjelaskan bahwa kita melakukan komentar terhadap tweet yang sebelumnya dan semua orang di twitter tau apa maksud kita tanpa perlu kita jelaskan dengan panjang lebar.

Tibalah kita di penghujung artikel singkat ini, tapi pembahasan Twitter Marketing kita belum berakhir. Bagi yang belum membaca langkah pemasaran di socmed, Anda dapat membaca bagaimana cara pemasaran di media sosial untuk mengetahui gambaran umum tentang pemasaran twitter dan media sosial lainnya. Semoga bermanfaat icon smile Istilah Dalam Twitter   Twitter Lingo   Beserta Artinya

– See more at: http://www.mattjunior.com/2013/06/istilah-dalam-twitter-twitter-lingo-beserta-artinya/#more-626

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s