Persahabatan yang berarti :)

Persahabatan yang berarti🙂

 

3 tahun lalu, saat lulus SMP gue memutuskan masuk salah satu SMK Negeri. disini lah gue bertemu dengan teman” baru. sebenernya inilah yg bikin gue males. ya beradaptasi dengan lingkungan baru. seandainya aja gue bunglon, mungkin itu terlihat gampang. tp gue hanyalah manusia biasa. dan seperti yg udah gue katakan. gue adalah orang yg pemalu dan cenderung pendiam tapi klo udah kenal sih kata orang asik rame bnget malah. dan setelah MOS dan mulailah gue kenal dengan beberapa teman baru. setelah kami sekelas sudah saling mengenal, timbullah keakraban dan kedekatan. dan setelah kedekatan itu berlangsung lama, beberapa teman akhirnya berani mengatakan satu hal ke gue.

” gue kira lo tuh tadinya sombong, jutek gitu. abis lo tuh dari awal paling diem sendiri. “

dan dari sinilah gue menemukan sahabat” yg gokil abis. 

gue pun mempunyai 4 sahabat yg sangat baik. dari sinilah, gue mulai jadi pribadi yg lebih terbuka. saat sm mereka lah, gue mulai bisa menceritakan cerita gue, yg mungkin sebelumnya gue ga bisa ceritain dengan sahabat “ gw sebelumnya dan karena sangat dekatnya, bukan hanya buka”an masalah cerita pribadi saja, mereka pun sering main dan nginep di rumah salah satu sahabat gw ya bisa disebut jga bescamenya kita klo abis pulang sekolah dan klo lagi suntuk.

 

selanjutnya, inilah yg gue takutin. saat dimana hubungan persahabatan yg sudah terjalin 3 tahun ini, ternyata mengalami perpecahan. sampai saat ini pun gue masih bingung, kenapa bisa kaya gini. dan gue merasa gue lah orang yg paling dekat, justru gue lah yg paling tidak tau dan tidak mengerti apa” dibanding yg lain.

apakah gue sahabat yg tidak baik selama ini? ataukah gue sahabat yg tidak peduli??

gue memang dr dulu bukan orang yg mau ikut campur masalah orang lain, entah itu keluarga , sahabat, teman. jika ada yg ingin curhat, maka gue pun insya allah bisa jadi pendengar dan penasihat yg baik. tp jika tidak, maka gue pun akan diam dan tidak akan bertanya. karena gue tidak akan mau ikut campur dengan masalah orang lain, terkecuali masalah itu ada sangkut pautnya dengan gue. dan selama masalah itu tidak berpengaruh buat gue, ga akan gue perdulikan. lalu apakah ini yg membuat gue jadi pihak yg paling tidak mengerti akan masalah yg terjadi? tp bukankah sahabat itu tempat cerita dan tempat berbagi susah dan duka?  lalu apa artinya gue buat mereka?? entahlah..

 

yg jelas saat ini gue msh dilanda kebingungan dan kegalauan. sempat kecewa dengan mereka. dan kecewa dengan diri sendiri, karena rasanya gue ga bisa menjadi sahabat yg baik. sehingga menyebabkan adanya masalah ini dan membuat mereka seperti ini. namun sekali lagi, gue sebagai sahabat hanya bisa sebatas memberi nasihat semampu gue. gue tidak akan bisa menyuruh mereka menentukan arah yg gue mau. karena hidup itu pilihan. dan jalan yg kita anggap baik, nyatanya belum tentu baik menurut mereka.

 

dan seperti batu yg hanya tergeletak di jalan. begitulah gue, hanya  bisa diam membiarkan apa yg terjadi. karena rasanya gue ga mampu menyelesaikan masalah ini. dan kini hanya ada kebisuan diantara kita semua. dan entah sampai kapan ini berlanjut? mungkin hanya waktu yg tau. dan mungkin jika pula diantara kita ada yg mampu meluluhkan keegoisan, kegengsian, ataupun kesombongan atas kesalahan masing”. menerima dengan hati apa yg mungkin tidak bisa diterima akal. bukan lari dari permasalahan. karena sejauh apapun kita lari atau bersembunyi dari masalah itu, tidak akan membuat masalah itu selesai. kemarin, sekarang ataupun nanti masalah itu tidak akan berubah, hilang, ataupun selesai jika kita tidak mencoba menghadapi permasalahan itu. dan mungkin jika tiba waktunya, semua akan kembali ke posisi yg baik untuk semua.

 

sejujurnya kekecewaan gue atas apa yg terjadi, tidak dapat membuang rasa sayang gue sama mereka. karena arti persahabatan itu tidak semata mata bisa berlalu begitu saja. mungkin ini melebihi kedekatan dengan seorang pacar. hampir sama dengan kedekatan kita dengan keluarga, itulah sahabat.

 

namun untuk sekarang, gue pun memilih sepi, sendiri. karena nyatanya sampai saat ini gue ga bisa mengendalikan diri gue untuk memahami apa yg sebenarnya terjadi. 

Semoga kebersamaan kita yg selama 3 tahun ini tidak retak cuma karena konflik seperti ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s