Perencanaan usaha ayam bergoyang

15. Perencanaan usaha ayam bergoyang

Dasar Gagasan Usaha

Pengenbanggan usaha dan pembukaan usaha semakin di lirik dan di minati oleh masyarakat dan pemerintah, untuk dijadikan salah satu upaya dalam kegiatan mengurangi penganguran dan kemiskinan di Negara ini.

 

1.      Prospek Pasar

Untuk peluang pasar usaha ini akan memberikan prospek yang menjanjikan untuk dikembangkan di Kabupaten Berau, karena kebutuhan makanan adalah merupakan kebutuhan pokok manusia, apalagi kebiasaan sebagian besar masyarakat di Kabupaten Berau yang senang makan diluar rumah bersama anggota keluarga, pacar, dan teman.

 

2.      Manfaat Ekonomis

  • Menumbuhkan sikap wirausaha
  • Membuka lapangan kerja bagi orang masyarakat sekitar
  • Mengurangi pengangguran dan kemiskinan
  • Memberikan pilihan menu makanan yang bervariasi bagi masyarakat Kabupaten Berau.
  • Meningkatkan pendapatan daerah

   

3.      Manfaat Sosial

   Menciptakan atau membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar dan memberikan variasi menu makanan khususnya makanan yang berbahan dasar daging ayam,.

ASPEK PEMASARAN

A.    Gambaran Umum Pasar

1.      Jenis produk yang akan di pasarkan :

–       Makanan – makanan yang berbahan baku ayam dan di gemari masyarakat,

Contohnya:

·         Sate ayam

·         Ayam goreng

·         Ayam kentuchkey

·         Ayam penyet

·         Ayam bakar

·         Ayam kremes

 

2.      Wilayah Pemasaran yang dicakup :

Se- Kecamatan Tanjung Redeb dan sekitarnya

 

B . Pesaing

Uraikan strategi pemasaran yang dilakukan pesaing anda meliputi :

1.      Produk (Mutu, Ukuran, Desain, Kemasan dan lain-lain)

a.       Mutu                          : Baik

b.      Ukura                          : Sedang

c.       Desain                         : Biasa

d.      Cara Penyajian            : Kurang Menarik

2.      Harga (Harga Per-porsi, Syarat Pembayaran, Potongan dan lain-lain)

a.       Harga              : Harga rata-rata  Rp17.500 per-porsi

b.      Pembayaran     : Tunai ( Cash )

c.       Discount          : Tidak Ada

3.      Jalur Penjualan

Penjualan langsung (Direct) kepada pelanggang atau konsumen

4.      Promosi

Jalur Promosi yang digunakan adalah :

 

 

a.       Spanduk

b.      Selebaran

c.       Dari mulut kemulut

 

 

c . Strategi Pemasaran

 1.  Produk ( Mutu, Ukuran, Desain, Kemasan dan lain-lain )

a.   Mutu               : Terbuat dari bahan-bahan berkwalitas baik, dan Resap pribadi.

b.   Ukuran            : Porsi lebih banyak dan Besar

c.   Desain             : Sangat menarik dan menggugah nafsu makan

d.   Kemasan         : Paket porsi

2.   Harga (Harga Per-porsi, Syarat Pembayaran, Potongan dan lain-lain)

a.   Harga              :Harga rata-rata Rp. 17.000 per-porsi

b.   Pembayaran     : Tunai ( Cash )

c.   Discount          :membeli makanan sebanyak 7 porsi  atau lebih dalam waktu yang sama mendapatkan gratis discount 10 % porsi makanan.

3.   Jalur Penjualan

a.   Penjualan langsung (Direct) kepada pelanggang atau konsumen

b.  Delivery (antar ke alamat konsumen)

4.   Promosi

Jalur Promosi yang digunakan adalah :

a.   Spanduk

b.   Selebara

c.   Media Radio

d.  melalui internet ( blog, facebook & twitter)

e. dan , Dari mulut ke mulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s