Perencanaan Gizi Olahragawan

Perencanaan Gizi Olahragawan

Untuk memperoleh prestasi yang optimal , perlu disusun perencanaan  makanan

berjangka, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang yang selanjutnya dijabarkan dalam program perencanaan makanan atlet. Perencanaan makanan atlet  perlu diselaraskan dengan perencanaan program latihan meliputi : periode persiapan, pertandingan dan transisi. Perencanaan gizi meliputi  4 (empat) hal, yakni:

1. Perbaikan status gizi; pada umumnya perbaikan status gizi dilaksanakan pada

periode persiapan umum.

2. Pemeliharaan status gizi; dapat dimulai sejak awal periode persiapan apabila atlet

telah memiliki status gizi normal, sedangkan  atlet yang belum memiliki status gizi

normal pemeliharaan status gizi dilakukan setelah status gizi normal tercapai.

3. Pengaturan gizi pertandingan; pada periode pertandingan perlu disusun

perencanaan makanan: sebelum bertanding, saat bertanding dan  setelah bertanding,

terutama untuk olahraga yang memerlukan waktu bertanding lebih dari 60 menit.

4. Pemulihan Status gizi. Perencanaan makanan untuk memulihkan kondisi fisik

olahragawan, dilaksanakan pada periode transisi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s