Perencanaan Bisnis Laundry Kiloan

14. Perencanaan Bisnis Laundry Kiloan

 

Anda yang mau memulai usaha Laundry Kiloan?,untuk pemula harus mengetahui anggaran,prosedur,tahap-tahap usaha Laundry Kiloan.Pertama kali membuka usaha ini,hal umum yang pasti dialami itu adalah masih buta mengenai Bisnis Laundry Kiloan.Seperti pepatah,kalau ada kemauan pasti ada jalan dan tak mengenal putus asa.

 

Semua pemula di setiap usaha baru mengalami 2 hal,yaitu:sisi positif dan sisi negatif.Untuk sisi positifnya Anda jadi benar-benar belajar dari nol dan tahu semua hal tentang Laundry Kiloan dari A sampai Z.Dan sisi negatifnya tentu saja banyak menghabiskan waktu dan materi di awal mulai.

 

Saat Anda akan baru(newbie) memulai usaha ini,pasti mempunyai salah di sana-sini.Andai Anda mempunyai keluarga atau kerabat mengetahui cara Bisnis Laundry Kiloan sebelumnya,pasti Anda tidak terlalu banyak menghabiskan kesalahan dan tidak bersimpang jauh dari praktek di lapangan.

 

Kali ini kami akan mengulas tentang perencanaan Bisnis Laundry Kiloan. Hali ini kami buatkan untuk para Anda yang baru akan memulai usaha Laundry Kiloan dari perhitungan nol.Walaupun perencanaan bisnis ini sangat sederhana dan tidak sama persis dengan struktur di dunia akuntansi,namun kami berharap ini dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan.

Sekarang masuk ke inti Bisnis Laundry Kiloan yaitu bagian hitung-hitungnya.Sebelum memulai usaha,kita perlu menghitung perkiraan berapa modal yang harus di keluarkan,berapa biaya variabelnya,berapa pemasukan,berapa marginnya,lalu kapan balik modal dan sebagainya.Ini hanya sekedar perkiraan saja,oleh karena itu sangat sering salah di sana-sini bila kita tidak di bimbing oleh ahlinya atau orang yang sudah berpengalaman di bisnis ini.

 

Berikut hal-hal yang harus di perhatikan untuk membuka usaha Laundry Kiloan:

1.    Tempat/Lokasi

Untuk tempat,Anda harus tepat memeilihnya.Yang strategis dan ramai penduduk dengan kesibukan sehari-hari atau cukup di rumah Anda sendiri.Keduanya bisa saja di jalanin,namun bila Anda membuka Laundry Kiloan di tempat yang kurang strategis,perlu juga Anda pikirkan biaya untuk deliverynya.

2.    Mesin Cuci dan Pengering(Dryer)

Pada saat membuka usaha Laundry Kiloan,Anda jangan terburu nafsu untuk membeli banyak mesin.Sebaiknya satu mesin cuci dan satu mesin pengering(dryer).Seiring berjalannya waktu,jumlah pelanggan pasti akan bertambah dan memiliki kesempatan membeli mesin lagi untuk meringankan waktu yang tertunda.Untuk pembelian mesin boleh dengan yang baru ataupun bekas(second) sesuai dengan budget Anda.Tetapi Anda harus cermat setiap memilih mesin dan banyak bertanya tentang spesifik di setiap mesin.

3.    Karyawan

Pilih karyawan baiknya yang berdomisili dekat dengan usaha Laundry Anda,atau sediakan tempat/ruangan untuk menginap jika Laundry Anda ramai,pasti itu akan menjadi lembur untuk mereka.Akan kasihan untuk yang tinggal jauh dari tempat usaha Anda.Untuk jumlah karyawan sesuaikan dengan jam buka usaha Anda,bila buka dari pagi sampai malam.Sebaiknya gunakan 2 shift(pagi dan siang).Dan batas jam kerja normal itu 8 jam.Jika lebih dari itu akan dimasukkan hitungan lembur.Untuk sebagai gambaran usaha Laundry Kiloan yang buka dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam membutuhkan 4 karyawan dengan gaji yang Anda sesuaikan,belum termasuk uang lembur dan uang makan.Karyawan merupakan pengeluaran terbesar,namun merupakan aset utama Anda.

4.    Perabotan,dll

Untuk membuka usaha Laundry tidak hanya mesin yang di butuhkan ,tetapi perabotan lain untuk melengkapinya,seperti:meja setrika,kursi,keranjang baju,ember,rak,lemari,dll.Baikna juga perlu laukan renovasi pada kios Laundry Anda agar lebih bersih,rapi dan nyaman.Siapkan juga plastik untuk baju,kantong kresek,hanger,tag gun,tag pin,berbagai alat tulis,nota khusus Laundry,brosur untuk mempublikasi,dll.

5.    Kimia Laundry

Kimia Laundry yaitu seperti:deterjen,softener,penghilang noda,pelicin pakaian,parfum laundry,dll.Pilih kimia laundry dengan kualitas yang baik,tetapi dengan harga yang masuk akal.Bila Anda menggunakan kimia yang tersedia di supermarket,hitung terlebih dahulu apakah harganya sesuai dengan pemasukan harga per kilo laundry Anda?Berapa rupiah biaya untuk per kilogramnya pakaian?.Jangan pernah memakai deterjen biasa untuk mesin cuci bukaan depan(front loading),karena akan merusak mesin Anda.Gunakan deterjen khusus(detergent matic atau detergent liquid).

 

Setelah semua lengkap,Laundy Anda siap dibuka.Jangan lupa untuk mempublikasinya lewat pamflet,spanduk,brosur,radio,internet dan sebagainya.Bila laundry sudah berjalan,catatlah semua transaksi yang terjadi pada nota rangkap tiga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s