Manajemen Perpustakaan Sekolah

13. Manajemen Perpustakaan Sekolah

Pengertian manajeman adalah proses kegiatan mengelola sumber daya manusia,materi dan metode berdasarkan fungsi-fungsi manajemen agar tujuan dapat di capaisecara efisien dan efektif. Sementara itu, luther Gullick mendefinisikan manajemensebagai suatu bidang ilmu pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk mamahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuandan membuat sitem kerjasama ini lebih manfaat bagi kamanusiaan. Manajeman dikatakana baik apabila memiliki tujuan dan sasaran yang jelas dan diketahui oleh semuaorang yang terlibat dalam kegiatan. Selanjutnya, menyusun langkah-langkah untuk mencapai tujuan dengan memanfaatkan segala sumber daya (manusia, dana, sarana,kesempatan, sumber alam dan lainnya) secara optimal, efektif dan efesien. Tiap elemen-elemen ditata agar tidak tumpang tindih.Perpustakaan bukan sekedar gedung/ruang sebagai tempat koleksi tetapi jugasystem informasi. Sebagai system infoemasi, perpustakaan memiliki aktivitaspengumpulan, pengolahan, pengawetan, pelestarian dan penyebaran informasi.Manajemen perpustakaan merupakan upaya pencapaian tujuan dengan pemanfaatansumber daya manusia, informasi, sisten dan sumber dana dengan tetap memperhatikanfungsi manajeman, peran dan keahlian.Untuk dapat mencapai tujuan perlu sumber dayamanusia dan non manusia berupa sumber dana, teknik, fisik, perlengkapan, alam,informasi, ide, peraturan-peraturan dan tehnologi. Sumber daya tersebut dikelolamelalui proses manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian,kepemimpinan dan pengawasan yang diharapkan mampu mengeluarkan produk berupabarang atau jasa.

C. Fungsi Manajemen

Perencanaan merupakan titik awal kegiatan perpustakaan sekolah dan harusdisusun oleh perpustakaan. Perencanaan berguna untuk memberikan arah, menjadistandar kerja, memberi kerangka pemersatu dan membantu memperkirakan peluang.Dalam penyusunan perencanaan hendaknya tercakup apa yang akan di lakukan,bagaimana cara melaksanakannya, kapan pelaksanaannya dan siapa yang bertanggung jawab dan berapa anggaran yang diperlukan. Dengan demikian perencanaan itumerupakan langkah yang mendasar dan mendahului fungsi-fungsi manajemen yang lain.Sebagai langkah awal dalam perencanaan perpustakaan sekolah adalahpenetapan visi, misi, tujuan, identifikasi kekuatan dan kelemahan dan memahamipeluang dan ancaman. Visi merupakan suatu pikiran atau gagasan yang melampauikeadaan sekarang. Keadaan yang di inginkan itu belum pernag terwujud selama ini.Penetapan visi penting dalam pengembangan perpustakaan sekolah sebab visi memilikifungsi untuk memperjelas arah yang akan dituju oleh perpustakaan sekolah. Visimemang sesuatuyang ideal yang akan dicapai oleh perpustakaan sekolah maka dalampenetapan visi hendaknya mudah di pahami dalam waktu singkat. Contoh dari visiadalah berperan serta dalam meningkatkan kualitas pendidikan.Misi merupakan penjabaran visi dan rumusan-rumusan kegiatan yang akandilakukan dan hasilnya dapat di ukur, dirasakan, dilihat, didengar atau dapat di buktikankarena bersifat kasat mata. Penyusunan misi biasanya dalam bentuk kata kerja karenaberupa kegiatan untuk merealisir visi. Contoh dari misi adalah menciptakan gemarmembaca di kalangan guru, siswa dan karyawan, menyediakan bahan informasi untuk mendukung proses belajar mengajar dan menyediakan fasilitas untuk informasi global.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s